Langsung ke konten utama

Mendeteksi Objek dengan Software Model Baru

Ketika mencari video bola basket secara online, kita akan menemukan daftar panjang situs web, yang memiliki gambar atau kata yang menjelaskan bola basket. Namun, bagaimana jika komputer dapat mencari didalam video dari bola basket? Peneliti dari Universitas Missouri sedang mengembangkan software yang dapat membuat komputer mencari didalam video, mendeteksi manusia dan obyek spesifik, dan melakukan tugas analisis video lain.

‘Tujuan dari penelitian kami adalah untuk meningkatkan kemampuan komputer untuk menginterpretasikan isi dari video dan bagaimana mengidentifikasi isinya,’ kata Tony Han, Profesor Teknik Informatika dan Elektro dari MU College of Engineering. ‘ Ada banyak kemungkinan dengan deteksi berbasis video, dan ia adalah berbiaya rendah dibandingkan dengan deteksi obyek dan manusia berbasis sensor lain, seperti sensor panas.’

Pengawasan video cerdas membutuhkan deteksi manusia dan obyek. Jika kamera sekuriti menangkap gambar dari orang terluka yang sedang terkapar di lantai, komputer tidak hanya menyimpan gambar pengawasan, namun juga dapat mendeteksi bahwa ada manusia yang terjatuh, dan mengirim signal untuk pertolongan. Software deteksi manusia juga dapat diterapkan pada kemudi kendaraan. Sebagai contoh, software tersebut dapat menghentikan laju kendaraan, ketika mendeteksi penyebrang jalan secara tiba-tiba.

Deteksi komputer juga dapat menolong orang tua. Jika orang tua jatuh secara tiba-tiba, maka software deteksi komputer dapat mendeteksi, dan segera memberitahu paramedis.

‘Saya dan mahasiswa sedang bekerja untuk algoritma khusus bagi deteksi obyek automatis, namun mereka sangat sukar untuk disempurnakan,’ kata Han. ‘Kami sedang mencoba untuk menemukan cara untuk menciptakan algoritma deteksi yang handal, namun hal ini memerlukan waktu panjang untuk pengujiannya. Kami telah melabel lebih dari 3000 gambar dengan lokasi obyek dan telah menggunakan mereka untuk menguji algoritma kami.’ Demikian lanjut Han.

Musim gugur tahun 2009 lalu, Han dan mahasiswanya telah mengikuti kompetisi PASCAL untuk deteksi obyek, dimana mereka berkompetisi dalam deteksi obyek di 20 kategori melawan peneliti dari seluruh dunia. Walau ini baru pertama kali mereka ikut kompetisi, mereka menjadi juara pertama untuk mendeteksi tumbuhan di pot dan kursi, dan juara kedua untuk mendeteksi manusia, mobil, kuda, dan sepeda.

Penelitian Han telah dipublikasi di berbagai jurnal, seperti EE Conference on Computer Vision dan the Second IEEE Workshop on CVPR for Human Communicative Behavior Analysis.

University of Missouri-Columbia (2009, November 4). Improved Human, Object Detection Technology With New Computer Software. ScienceDaily. Diterjemahkan dari http://www.sciencedaily.com­ /releases/2009/11/091103112247.htm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Instal Appserv 2.5.10 di Wndows 7

hehe untuk kali nhe , sya mw coba share cara instal appserv d windows seven, walau ini info lama , tp mdah2an bsa membantu agan2 ,,, langkah2 nha yaitu : download appserv 2.5.10 nya di APPSERVNETWORK jalankan appserv.exe nya. pada tampilan form berikut, pada server name isikan dengan "localhost" (tanpa tanda kutip) dan pada administration email address isikan dengan email anda misalnya lawlietsan1302@gmail.com pada form password , pada enter root password , isikan dengan "root" dan re password , isikan dengan root. setelah itu , pilih instal... tunggu hingga finis.. lalu coba anda buka localhost pada web browser.. setelah muncul tampilan, pilih maka akan muncul form autentikasi, isikan pada username/nama pengguna dengan "root" dan pada password dengan "root"... lalu tekan ok... ok, dan selesai,, selamat mencoba :)