Jumat, 03 Juli 2009

saykoji - ONLINE

Reff:
siang malam ku selalu
menatap layar terpaku
untuk on line on line
on line on line

Verse 1:
tidur telat bangun pagi pagi
nyalain komputer online lagi
bukan mau ngetik kerjaan
e-mail tugas diserahkan

tapi malah buka facebook
padahal face masih ngantuk
beler kayak orang mabuk
pala naik turun ngangguk-ngangguk

sambil ngedownload empitri
colok i pod usb kiri
ngecekin postingan forum
apa ada balesannye? belum

biar belum sikat gigi belum mandi
tapi kalo belum on line paling anti
liat friendster myspace, youtube
me and him, everybody you too

siang malam ku selalu
menatap layar terpaku
untuk on line on line
on line on line
jari dan keyboard beradu
pasang earphone dengar lagu
aku on line online
on line on line

Verse 2:
nah udah mandi siap berangkat
langsung cabut takut terlambat
tak lupa flash disk gantung di leher
malah lupa sepatu jadi nyeker

flashdisk isinya bokep atau lagu
kalau ada kerjaanpun gue ragu
kalo emang berani coba pada ngaku
cek isi foldernya satu satu

di kantor online pakai proxy
walau diblok server bisa dilolosi
namanya udah ketagihan internet
produktifitaspun kepepet

jam kerja malah chatting ym
ngobrol online sama ehehem
atasan lewat langsung klik data
pura pura kerja di depan mata

siang malam ku selalu
menatap layar terpaku
untuk on line on line
on line on line
jari dan keyboard beradu
pasang earphone dengar lagu
aku on line online
on line on line

bridge:
makan siangpun aku cari sinyal wifi
mengapa ku kecanduan oh why why
kadang terasa bagai tak berdaya
ingin ku berubah.. eh ada e-mail dah dulu ya

Verse 3:
cek e-mail spam semua
email benerannya cuma dua
yang satu email lama
yang satu forwardan yang sama

ngarep komentar buka friendster
loading, gue tinggal beser
pas balik ngecek komputer kok lagi maintenance server

ya udah download lagu
bajakan gratis gak pake ragu
saykoji satu album
setengah jam bisa rampung

sore sore bosen hambar
ide nakal cari cari gambar
download video dengan sabar
ketahuan pacar digampar

siang malam ku selalu
menatap layar terpaku
untuk on line on line
on line on line
jari dan keyboard beradu
pasang earphone dengar lagu
aku on line online
on line on line

Rabu, 10 Juni 2009

merubah nama alamat blog


hari gnhe mace pake nama tumpangan ???
misal nha xxx.blogspot.com, xxx.blogsome.com... keq nha perlu d ubah dehc....
nhe w kace beberapa fasilitas untuk buat alamat blog tha jadi g standar gt...
mw tw...???

nhe...
  1. mengubah alamat blog anda jadi namaanda.co.cc, anda dapat mengclick nha d sini
  2. mengubah alamat blog anda menjadi namaanda.co.nr , anda dapat meng_click nha di sini
  3. mengubah alamat blog anda menjadi namaanda.cjb.net , anda dapat meng_click di sini
saya sarankan, setelah anda mengclick , anda must login dan meng_setup alamat baru anda , karena waktu yang diberikan oleh penyedia layanan tidaklah banyak..
ataw dari alamat yang satu nhe... phi w lum coba, mungkin saja anda beruntung ...
click di sini

selamat mencoba..

Lawlietsan
http://lawlietsan.co.cc/

mengganti blogger template

hai...
hm....
x nhe w mw posting wat loe" yang cinta blogspot.
nhe w kace beberapa penyedia layanan" yang dapat loe" mua cicipin..

ok w lanjutin...
nhe ada beberapa alamat yang sha loe coba n pilih..

untuk awal nha , liat dulu apa scrip d blog loe tow HTML or XML...
beda nha sangat jelas banget..
coba jha liat d scrip" bawaan nha... (pasti bisa dunk..?? jadi g perlu w jelasin)
  1. buka blogger.com/start 
  2. log in ( lalu loe akan masuk ke halaman dasbor) 
  3. pilih tata letak.
  4. pilih ghe Edit HTML (law pake scrip HTML)
  5. ataw masuk ke template (law pake scrip XML) ..
  6. lalu download dech scrip" nha , n paste_kan d scrip bawa'an nha ...(jangan lupa buang dulu scrip lama nha )
  7. upzz... jangan d save dlu...
  8. coba pratinjau or preview dlu....
  9. law cocok rhu save...ok...
  10. oy.. terlebih dahulu simpan scrip" aksesoris nha.. cz setiap tha ganti template , aksesoris nha akan hilang.
  11. good luck..
beberapa fasilitas penyedia layanan ..:
segini dlu ya..
laen x w tambah ghe...
wda capek...

key...
oy.. nhe mace lum sempurnha ... besok w lanjutin ghe...


tips memperkenalkan blog

waaaaaaaaaaaaaaa........................
hemmm.................. 
lama banget ya blog tha terkenal.....
gimana ya yar blog tha terkenal...????????

pasti nda" pernah berfikir gtu.. cz wda tha capek" buat blog, ternyata g dha yang baca...
mungkin kurang menarik ya....??
mungkin itu yang terdapat d fikiran anda" mua...

untuk thu, nhe w kace beberapa tipz agar blog anda dapat d kenal orang..
  1. buat lah tampilan blog anda semenarik mungkin (dengan mengganti tampilan header, body , background dll)
  2. isi aksesoris pada blog anda, seperti jam, kalender, shoutmix, game, music player, dll.
  3. coba untuk sering meng_comment blog orang.. siapapun itu, kenal atau tidak nha anda , walau buka blog orang secara tidak sengaja , tinggalkan comment buat mereka. hal yang paling manjur agar blog kita dikunjungi adalah dengan memberi comment pada orang lain , tapi jangan lupa beri mereka alamat blog anda..
  4. daftarkan blog anda d beberapa fasilitas , seperti di Google (alamat nha lupa, law ingat lha w edit ghe), yahoo (.: idem :.), search engine. untuk daerah dalam negeri tha juga punya lho.
  5. buat beberapa lencana blog tha..misal nha d friendster, facebook, twitter, skype dll
nah , untuk tipz nha cukup sekian dlu ya...
besok ketik ghe...
ghe buntu nhe...
hehehe..

UBUNTU

setelah sekian lama hilang.. keq nha enak law sekarang nimbul ghe..
kali nhe w mw kace loe" mua pencinta ubuntu, nhe artikel nha ...
met baca...

Anda pecinta Ubuntu linux and family? Tak lama lagi Anda dapat menikmati rilis pertama majalah online gratis yang dibuat oleh para ubuntu geeks yang majalahnya akan dinamai fullcircle . Karena ini adalah majalah yang dibuat dari, untuk dan oleh komunitas Ubuntu, maka Anda sangat diharapkan kontribusinya. Caranya? Anda tinggal mengikuti petunjuknya disini:https://wiki.ubuntu.com/UbuntuMagazine .

Sampai saat ini ada 9 Kategori yang direncanakan:

  1. /TheNews
    berisi informasi / berita terbaru yang berhubungan dengan Ubuntu dan turunannya, serta perkembangan Linux secara umum
  2. /InstallOfTheMonth
    Mengajarkan langkap demi langkah instalasi Ubuntu dan turunannya
  3. /ItJustWorks
    Berisi cerita pengalaman dari mereka mereka yang telah berhasil migrasi dan menggunakan Ubuntu Linux.
  4. /MonthlyLetters
    Berisi surat pembaca, bisa juga diambil dari mailing list atau thread di forum
  5. /MonthlyReviews
    Berisi review software atau hardware oleh pembaca.
  6. /HowTo
    Berisi cara-cara, langkah demi langkah untuk mengatur segala hal di Ubuntu dan turunannya
  7. /MonthlyInterview
    Wawancara dengan para pemakai Ubuntu
  8. /OpenMic
    Berisi alasan mengapa orang - orang pindah ke Linux dan Ubuntu khususnya
  9. /MyDesktop
    Berisi screenshot dari para pembaca. Ruang pamer antar Linuxer khususnya pemakai ubuntu.

Sabtu, 06 Juni 2009

StruKtuR DatA MODUL 01

Lawlietsan

http://lawlietsan.co.cc/

MODUL 1

Struktur Bahasa PASCAL secara umum

 Pascal mempunyai struktur sebagai berikut:
1. Bagian Judul Program
2. Bagian Deklarasi
a. Deklarasi tipe data (TYPE)
b. Deklarasi variabel (VAR)
c. Deklarasi konstanta (CONST)
d. Deklarasi label (LABEL)
e. Deklarasi sub-program (PROCEDURE dan FUNCTION)
3. Bagian Program Utama Perintah-perintah.

Teks Pascal setidaknya memiliki bagian Judul Program, bagian Deklarasi, dan Bagian Program Utama yang berupa perintah-perintah. Sedangkan untuk bagian deklarasi menyesuaikan dengan isi dari program itu sendiri. Contoh program PASCAL:

program TAMBAH_00; { Menjumlahkan dua bilangan yang nilainya diberikan dalam perintah}
var X, Y, Z: integer; { Deklarasi variabel X,Y dan Z sebagai bilangan bulat }
BEGIN { Program Utama Mulai }
X := 50; { Perintah memberikan nilai 50 pada var. X }
Y := 25; { Perintah memberikan nilai 25 pada var. Y }
Z := X + Y; { Perintah menjumlahkan X dan Y serta menyimpan hasilnya ke Z}
END. { Akhir Program Utama }

Pada contoh ini nilai X dan Y tidak bisa sembarang, karena didefiniskan tertentu. Agar nilai X dan Y bisa bebas ditentukan, nilai X dan Y dibaca dari default input.

program TAMBAH_01; { Menjumlahlan dua buah bilangan yang dibaca dari default input }
var X, Y, Z: integer; { Deklarasi variabel X,Y dan Z sebagai bilangan bulat }
BEGIN { Program Utama Mulai }
read(X); { Membaca nilai X lewat key-board }
read(Y); { Membaca nilai Y lewat key-board }
Z := X + Y; { Menjumlahkan X dan Y serta menyimpan hasilnya ke Z }
write(Z); { Menyajikan Z ke layar monitor }
END. { Akhir Program Utama }

 

Dasar Bahasa PASCAL

Unsur-unsur Pemrograman
a. Mendapatkan data dengan membaca data dari default input (key board, file atau sumber data lainnya).
b. Menyimpan data ke dalam memori dengan struktur data yang sesuai,
c. Memproses data dengan instruksi yang tepat.
d. Menyajikan atau mengirimkan hasil olahan data ke default output (monitor, file atau tujuan lainnya).

Jenis identifier

a. Identifier umum

 Merupakan identifier yang didefinisikan sendiri oleh pemrogram. Pemrogram mempunyai kebebasan untuk menentukan nama identifiernya, dengan syarat nama tersebut tidak sama dengan identifier standar dan reserved word yang akan dibahas lebih lanjut. Hal ini untuk mencegah kesalahan yang bisa timbul akibat tumpang tindih identifier dalam program.


b. Identifier Standar (Baku)

Merupakan identifier yang didefinisikan oleh pembuat kompiler Pascal. Biasanya pembuat kompiler menyediakan suatu library yang sudah ada didalam kompiler. Library berisi berbagai procedure, fungsi atau unit yang sudah siap pakai. Misalnya Turbo Pascal Windows 1.5 memiliki suatu unit untuk memproses output yaitu wincrt, gotoxy, yang dengan mudah bisa dipakai oleh programmer di dalam menuliskan kode-kode programnya. Dinamai Identifier Standar karena suatu kompiler tidak harus memilikinya, masing-masing kompiler dimungkinkan mempunyai identifier yang berbeda untuk suatu tugas yang hampir sama. Misalnya Turbo Pascal versi DOS menggunakan crt untuk melakukan fungsi yang sama dengan wincrt (TPW 1.5). Beberapa Identifier Standar yang dimiliki oleh kompiler-kompiler Pascal antara lain:

abs arctan boolean char cos dispose eof eoln exp false input integer ln maxint new odd ord output pack page pred read readln real reset rewrite round sin sqr sqrt succ text true trunc write writeln

c. Identifier "reserved word", yaitu yang sudah didefinisikan dan digunakan oleh bahasa PASCAL sendiri (Kita tidak bisa menamai identifier kita dengan ini).

and array begin case const div do downto else end file for forward function goto if in label mod nil not of or packed procedure program record repeat set then to type until var while with

Deklarasi Variable:
Mendeklarasikan varibel adalah:
a. Memberikan nama variabel sebagai identitas pengenal
b. Menentukan tipe data variabel
Contoh deklarasi variabel:

var K : integer;
R : real;
C : char;
T : boolean;

Beberapa identifier yang sejenis bisa dideklarasikan bersamaan.

var i, j, k : integer;{Variabel i, j dan k sebagai integer}
namaMHS, alamatMHS : char; {Nama dan alamat mahasiswa }

Deklarasi Konstanta:
Mendeklarasikan konstanta adalah:
a. Memberikan nama konstanta sebagai identitas pengenal
b. Menentukan nilai konstanta
Contoh deklarasi konstanta:

const MaximumSize = 100; {integer }
ExitCommand = 'Q'; {char }

 

Tipe Data

Tipe data yang disediakan oleh PASCAL meliputi:
1. Tipe Data Sederhana

merupakan tipe data dasar yang sering dipakai oleh program, meliputi: integer (bilangan bulat), real (bilangan pecahan), char (alphanumerik dan tanda baca), dan boolean (logika). Untuk data integer dan real masing-masing terbagi menjadi beberapa kategori

a.      Bilangan Integer
merupakan tipe data berupa bilangan bulat, terbagi atas beberapa kategori seperti terlihat dalam tabel 1. tabel 1 menunjukkan jenis data, ukuran dalam memori dan rentang nilainya.

tabel 1. Tipe Data Bilangan Integer 



Contoh bilangan integer adalah: 34 6458 -90 0 1112 Penggolongan tipe data integer tersebut dimaksudkan untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan misalkan untuk suatu perhitungan dari suatu variabel bilangan diperkirakan nilai maksimumnya 32767 kita cukup mendeklarasikan variabel bilangan sebagai integer (2 byte), daripada sebagai longint(4 byte). Di dalam kompilernya, Pascal menyediakan konstanta untuk bilangan Integer yaitu: MaxInt and MaxLongInt, pemrogram bisa menggunakannya di dalam programnya tanpa harus terlebih dahulu mendefinisikannya.

-MaxInt bernilai 32.767 
-MaxLongint bernilai 2.147.483.647. 
contoh:

Program display_maxint; 
uses wincrt; 
begin writeln (maxint) 
end. 

Hasilnya: 32.767

b. Bilangan Real 
Bilangan real atau nyata merupakan jenis bilangan pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific . Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2. Penggolongan tipe data bilangan real dapat dilihat pada tabel 2. Bilangan Real

Tabel 2. Tipe Data Bilangan Real


 

c. Char

Tipe data ini menyimpan karakter yang diketikkan dari keyboard, memiliki 266 macam yang terdapat dalam tabel ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Contoh: 'a' 'B' '+', dsb. Yang perlu diingat bahwa dalam menuliskannya harus dengan memakai tanda kutip tunggal. Jenis data ini memerlukan alokasi memori sebesar 1(satu) byte untuk masing-masing data.

d. Tipe Data Boolean

merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah). Turbo Pascal for Windows memiliki tiga macam jenis ini yaitu: Boolean, WordBool, dan LongBool. Tipe boolean memakai memori paling kecil, sedangkan WordBool dan LongBool dipakai untuk menulis program yang sesuai dengan lingkungan Windows.

Tabel 3. Tipe Data Boolean


Sebagai bilangan ordinal boolean true mempunyai nilai 1(satu), sedangkan false nilainya adalah 0(nol). 
Contoh: Program display_bool; 
uses wincrt; 
begin writeln(ord(true)); 
writeln(ord(false)); 
end. 

Hasilnya: 1 0 3.2.

Tipe Data Terstruktur

tipe ini terdiri atas : array, record, set, dan file. String adalah tipe data jenis array, tetapi karena string memiliki kekhasan tersendiri sebagai array dari karakter maka penulis perlu memberikan penjelasan tersendiri. Sedangkan untuk array, record, dan file perlu dijelaskan dalam bab yang lain karena agak banyak hal-hal yang perlu dibahas.

a.       Tipe Data String 
merupakan suatu data yang menyimpan array (larik), sebagai contoh 'ABCDEF' merupakan sebuah konstanta string yang berisikan 6 byte karakter. Ukuran Tempat untuk tipe data ini adalah 2 s/d 256 byte, dengan jumlah elemen 1 s/d 255. String dideklarasikan dengan string [ konstanta ] atau string. Bila ukuran string tidak didefinisikan maka akan banyak memakan ruang, karena ukuran string menyesuaikan dengan defaultnya. Misalkan 
var kata: string [20]; atau var kata: string; karena string merupakan array dari karakter. Maka kata[1] merupakan karakter pertama dari string, kemudian kata[2], merupakan elemen kedua, dst. 
Contoh:

Program hal_string; 
Uses wincrt; 
var s : string; 
begin s:='Hello'; 
writeln(s); 
writeln('panjang dari string adalah: ',ord(s[0])); 
end.

Karakter nol merupakan karakter yang menyatakan panjang string. Sehingga ord(s[0]) menyatakan panjang dari string tersebut. Panjang string juga bisa dinyatakan sebagai length(s). 
 

strukTur DaTa Modul 02

Lawlietsan

http://lawlietsan.co.cc/

MODUL 2

ARRAY (LARIK)

1.      Pendahuluan 
Suatu array adalah sebuah struktur data yang terdiri atas banyak variabel dengan tipe data sama, dimana masing-masing elemen variabel mempunyai nilai indeks. Setiap elemen array mampu untuk menyimpan satu jenis data (yaitu: variabel). Suatu array dinyatakan dengan type, sehingga variabel yang bekerja akan dinyatakan dengan: 
contoh type 
A = array [1..10] of integer;

2.      Secara logika pendefinisian array di atas merupakan sekumpulan kotak , dimana tiap kotak mempunyai nilai indeks integer 1, 2, 3, ...,9, 10 tiap elemen array ditandai dengan: 
A[1], A[2], A[3], A[4], A[5], A[6], A[7], A[8], A[9], A[10]

2. Sifat Array
Array merupakan struktur data yang statis, yaitu jumlah elemen yang ada harus ditentukan terlebih dahulu dan tak bisa di ubah saat program berjalan. Untuk menyatakan array dalam PASCAL kita harus terlebih dahulu: 
 Mendefinisikan jumlah elemen array,- 
 Mendefinisikan- tipe data dari elemen array 
Contoh. const N=10; 
type 
A= array [1..N] of integer;

3. Array Satu Dimensi
Pernyataan di atas merupakan penjelasan tentang array dengan satu dimensi. Pendefinisian array secara umum adalah sebagai berikut: jika kita ingin membuat beberapa array dengan tipe/jenis yang sama, kita lebih baik jika mendeklarasikan dengan type selanjutnya dengan deklarasi var. 
SYNTAX

Type nama_array = ARRAY[bawah..atas] of tipe_data; 
var variabel_array : nama_array;


atau dengan menggunakan statemen var :

var variabel_array : ARRAY[bawah..atas] of tipe_data;

Penjelasan: Bawah dan Atas menyatakan batas untuk array. tipe_data adalah merupakan tipe variabel yang dipunyai array (mis. Integer, char, real, dsb) 
Contoh: 
type intarray = ARRAY [1..20] of integer; 
Pernyataan diatas adalah pernyataan untuk membentuk suatu array bernama intarray,yang berisi 20 tempat untuk bilangan integer. Setiap posisi disebut elemen, yang menyimpan suatu bilangan integer.langkah berikutnya adalah membuat suatu variabel kerja dengan tipe intarray yaitu, 
var numbers : intarray; 
kita bisa melakukan operasi pada setiap elemen dari numbers secara individual. Contoh kita bisa memberi nilai pada suatu elemen array seperti berikut: 
numbers[2] := 10;


perintah ini memberikan suatu nilai integer 10 pada elemen ke-2 dari array numbers. Nomor dari elemen ditempatkan didalam kurung tegak. Contoh berikut adalah merupakan array yang menyimpan variabel-variabel integer. Data dengan tipe integer hanya bisa dimasukkan satu persatu, kemudian baru bisa ditampilkan di monitor secara bersamaan 

Contoh a.

program INT_ARRAY; 
uses wincrt; 
const N=10; 
type int_array = ARRAY [1..N] of integer; 
var bil : int_array; 
indeks : integer; 
BEGIN 
writeln('masukkan sepuluh bilangan integer.'); 
for indeks := 1 to 10 do 
begin 
readln(bil[indeks]); { loop untuk memasukkan elemen array } 
end; 
writeln('Isi dari array ini adalah'); { tampilkan setiap elemen } 
for indeks := 1 to 10 do 
begin 
writeln('bil[', indeks:2,'] adalah ',bil[indeks] ); 
end 
END.

Contoh b.

program contoh_ARRAY; 
uses wincrt; 
var 
a : array[1..10] of byte;{maksimum jumlah elemen=10} 
begin 
a[1]:=10; 
a[2]:=15; 
a[3]:=a[1]+a[2]; 
writeln(a[1]); 
writeln(a[2]); 
writeln(a[3]); 
end.

 

untitle

Satu kata yang terucap Mengguncang gelora hati Satu Kata yang kau ucap Gemuruh hati tanpa henti Kau ucap kata perih untukku Tak dapat...